Wednesday, February 06, 2008

Mohon Maaf

Mohon maaf beribu maaf aku tak menggugatmu
Bukan sekedar karena aku tahu kekuatan gugatanku jauh lebih kecil dibanding kekuatanmu untuk tidak mendengarku serta dibanding kekukuhanmu untuk tidak akan mengubah dirimu sebagaimana yang kudambakan seandainya aku menggugatmu
Tetapi juga karena engkau jauh lebih tahu tentang hal-hal yang aku gugatkan dibanding kadar pengetahuanku -- sekurang-kurang nya demikianlah anggapan yang hidup di dalam dirimu

Mohon maaf beribu maaf aku tidak mengingatkanmu, dan tidak akan mengkritikmu di bidang apapun saja sampai kapanpun saja
Bukan sekedar karena ilmumu jauh lebih mumpuni dibanding ilmuku yang hanya telanjang terhadap kenyataan
Juga bukan hanya karena pikiranmu sudah kukuh dan hatimu sudah bulat atas segala yang engkau inginkan
Tetapi juga karena engkau toh sudah besar, sudah dewasa, sudah matang segala-galanya sehingga pendapat Tuhanpun sama sekali tidak engkau butuhkan

Mohon maaf beribu maaf aku tidak menuntutmu, ... , aku tidak mengeluarkan statemen atau pernyataan apapun, juga tidak menghimbau atau melakukan tekanan-tekanan atas segala macam tindakan dan perilakumu
Mohoh maaf beribu maaf keputusan itu kuambil semata-mata karena aku sungguh tidak akan meminta apa-apa darimu, tidak mengharapkan apapun dari sepak terjangmu, tidak memimpikan peranmu atas hidupku, tidak menunggu perwujudan janji-janjimu, tidak mencantolkan nasibmu di pundakmu, tidak akan menadahkan tangan atau
mengemis setetes airpun dari kehebatanmu
.....

Emha Ainun Nadjib

No comments: