Wednesday, February 04, 2009

Backup dan Restore di SME Server 7.3

Wah gimana rasa nya jika tiba2 server untuk file sharing kita down. walaupun sudah kita backup sebelum nya rasanya tetep bikin ngeri. Klo bisa server itu g pernah rusak sampai masa dia harus diganti krn sudah uzhur :)

Nah berikut ini coretan yang saya bikin saat server saya mengalami kerusakan ("30 januari 2009") pada harddisk nya akibat listrik up and down (asumsi pribadi krn emg beberpa minggu sebelum nya listriknya di malem hari mati dan sampai ups sudah tidak cover lagi).

Langkah pertama adalah mencoba merecovery data yang ada di hardisk dengan mengunakan Rstudio (yg ini bajakan ngambil dari 4shared.com) yang dijalankan pada windows xp. Kelebihan Rstudio, software ini bisa mengenali pastisi linux dan untuk partisi sme yang bermacam2 juga bisa dikenali.

langkah kedua. menginstall sme 7.3 pada harddisk yang baru. perhatikan pada saat booting pertama kali setelah install sme 7.3, akan diminta untuk merestore configurasi dan data (jgn lewatkan ini krn hanya muncul sekali, pada saat booting pertama kali.) back up yang dikenali pada proses ini adalah back up dari desktop.

jika proses ini berhasil maka seluruh settingan dan data pertanggal kita backup via desktop akan balik.

Dan untuk mengembalikan data yang direcoery dengan rstudio bisa melalu winscp.

Pehartian bagi penguna sme. jangan lupa untuk mengunakan backup via desktop sekali dan selanjutnya bisa mengunakan tape drive atu backup to usbdisk/lan.

hanya sekedar catatan

Thank.... Izki

2 comments:

Anonymous said...

baru aja m bilang hasilnya diposting, ternyata udah ada :)
kalo backup sama restore hati kumaha? ah salah....pasti teu bisa :P

Anonymous said...

wakakaa lama gak maen ke Blog ini ternyata Itu Banner atas sudah Berubah maju terus Kang Asnan Miss u

M.Dede
Ber-Gelora