Thursday, June 26, 2008

LTSP at Ubuntu 8.04

Akhir nya punya kesempatan lagi untuk ngoprek Ubuntu 8.04. Dan pertama yang dicoba adalah LTSP nya. Cukup simple dan mudah bahkan menurut saya untuk seorang pemulapun tidak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk mengoprek nya. Linux pada umumnya sudah bisa dikatakan "user friendly" meminjam istilah MS. So temen temen yang baru mencoba Linux jangan takut lagi lebih takutlah pada kejaran BSA dan polisi.

Kembali ke LTSP, paket yang diperlukan adalah menginstall ltsp-server-standalone dan semua depedence packagenya akan secara otomatis ditambahkan. (sekedar memudahkan dan menghidari kegagalan download, ada baiknya kita menginstall lewat DVD repo. bisa pinjem temen or beli. selanjutnya nya jalankan "ltsp-build-client --mirror file:///cdrom (Jangan lupa masukkan cd Ubuntu 8.04 nya karena akan dibutuhkan untuk mendownload package ltsp client). terakhir check dhcpd.conf di /etc/dhcpd.conf sesuaikan IP nya dengan IP jaringan jaringan yang kita mau.


Sukses dan Bravo linux.. Bravo kawan-kawan Gelora
Thank to Kepala Peang (My Inspiration)

2 comments:

Zain Mushroom Hayam Bakak said...

Oom... sy coba install ubuntuHH truz install ltspnya.... trnyata ga smudah & sesederhana itu.. usut punya-usut trnyata sy install ubuntu8.04_alternate-amd64.
soalnya komp sy 64bit.
pas build-client jg musti ada --arch i386 yah.
akhirnya kelar juga instalasi server ltsp.
cuman skarang saya ga bisa (maklum baru kali ini install ltsp) nyeting buat client biar ga default. soalnya pengen di kustomasi supaya cocok ma kbutuhan client.
pengennya saya client dngn spek txPro bisa ok. truz saya pengen client bisa ngeprint. skalian juga ma winenya. sy install wine1.1.2 dari http://wine.budgetdedicated.com cuma sampe skarang ga bisa ngeprint di wine. OOo.org mah bisa&lancar. gimana yah solusinya.
O ya, emang kalo komp 64-bit musti di install OS yg 64bit juga?

minta di bimbing dong buat nyetting lts.conf nya.
kalo bisa mah mail aja.
thanks ya mas

Asnan Rifai said...

Kemarin saya barusan install lagi ubuntu 8.04 dan ltsp nya. untuk temen lancar saja. dan emg pakai intel punya. client nya bisa di atur dari properties user/group di server. untuk 64 mesti nya bisa di install pakai 32.